8 Kegunaan Beras Yang Sangat Luar Biasa Bermanfaat

8 Kegunaan Beras Yang Sangat Luar Biasa Bermanfaat

Beras merupakan makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia dan juga penduduk dunia. Karena menjadi kebutuhan pokok maka setiap rumah tangga pasti akan mempunyai persediaan beras di rumahnya. Sebenarnya beras mempunyai kegunaan lain yang bermanfaat untuk segala keperluan bukan hanya cuma dimasak dan dikonsumsi saja. Berikut ini 8 kegunaan beras yang murah dan efisien.

  1. Meredakan otot yang sakit

Kalau kaki kamu terasa sakit sebagai akibat dari aktivitas seharian atau karena cedera otot yang cukup serius, kamu bisa menggunakan beras buat meringankan rasa sakit otot kaki. Caranya cukup isi kaus kaki kamu yang bersih dengan beras secukupnya. Untuk isi beras sesuaikan dengan anatomi tubuh kamu agar pas, oelh karena itu jangan diisi terlalu padat.

Kemudian ikat ujung kaus kaki tadi menggunakan tali lalu masukkan ke dalam microwave kurang lebih 1 menit atau kalau ingin lebih panas kamu bisa menambah waktunya. Sekarang kamu mempunyai kompres panas buat meredakan otot yang sakit. Panas beras ini cukup bertahan lama. Nah jika kamu tidak ada microwave, anda bisa menyangrai beras tersebut hingga panas saja.

  1. Membersihkan vas bunga dan botol

Trik ini sangat manjur walaupun terlihat sederhana. Botol ataupun vas bunga yang memiliki leher yang sempit pasti akan menyulitkan kamu saat membersihkan bagian dalamnya. Solusinya adalah beras, cukup masukan segenggam beras ke dalam vas bunga atau botol kemudian tambahkan sedikit air sabun lalu kocok beberapa saat dan bilas. Hasilnya botol atau vas bunga tadi kembali bersih karena kotoran hilang bersama beras.

  1. Menyelamatkan benda elektronik

Beras bukan hanya mampu menyimpan panas dalam waktu yang lama, namun memiliki kemampuan lain yaitu menyerap kelembaban dengan ampuh. Jadi seandainya tablet, handphone atau benda elektronik yang kecil basah, jangan langsung panik. Jika memungkinkan segera lepas baterainya, kemudian letakkan semua bagiannya kedalam mangkuk yang sudah diisi beras dan biarkan semalaman. Dengan catatan kondis basah dari barang elektonik kamu tidak terlalu parah.

  1. Mengetes panas minyak

Kalau kamu ingin tau apakah minyak yang ada dalam kuali sudah cukup panas sebelum dipakai untuk mengoreng, caranya masukan beras sedikit saja ke dalam minyak tadi. Dan kalau beras mengambang serta tergoreng artinya minyak siap digunakan untuk menggoreng.

  1. Mempercepat pematangan buah

Kamu pasti pernah membeli buah dan mendapatkan 1 -2 buah belum matang. Misalkan saja alpukat atau sawo. Jika anda ingin kedua buah tersebut cepat matang cukup simpan buat tersebut ke dalam tempat penyimpanan beras. Trik ini bisa kamu andalkan namun pastikan untuk selalu mengeceknya dan memastikan buah tidak kematangan sebab prosesnya cukup cepat.

  1. Mencegah penggumpalan garam

Karena kita tinggal di negara yang memiliki kelembaban cukup tinggi, karena itu menyebabkan garam yang disimpan biasanya akan menggumpal. Kamu tidak perlu bersusah payah saat membubuhkan garam dalam botol. Kamu hanya perlu memasukan sedikit beras ke dalam botol garam. Hal ini akan kamu temui di beberapa restoran. Beras ini berfungsi untuk menyerap kelembaban udara jadi garam akan tetap kering dan mudah dikeluarkan, dikarenakan lubang botol garam cukup kecil, beras tidak akan ikut keluar.

  1. Membersihkan penggiling kopi dan bumbu

Penggiling bumbu dapur dan kopi ini sulit dibersihkan. Bekas dari rempah ataupun kopi akan menempel disela-sela mata pisau dalam kondisi sangat lengket. Solusinya, masukkan lalu giling beras sampai menjadi bubuk. Maka penggilingan atau blender kamu akan bersih kembali. Bahkan mata pisaunya pun akan lebih tajam.

  1. Mencegah peralatan Anda berkarat

Peralatan dari besi yang terpapar udara lembab pasti lama kelamaan akan berkarat. Karena itu masukan segenggam ke dalam kotak peralatan kamu untuk menyerap uap air di udara. Pastinya kunci pas, paku, skrup dan peralatan besi lainnya akan tahan terhadap karat bahkan mungkin bebas dari karat.

Comments are closed.